Rabu, 21 Mei 2014

Jurnal Smartponr


Review Jurnal

APLIKASI BERBASIS SMARTPHONE UNTUK MANAJEMEN SERVER
PADA PRIVATE CLOUD COMPUTING
Oleh :
Diky Wahyudi
Abstrak
Jurnal ini membahas tentang perancangan sebuah aplikasi berbasis smartphone untuk manajemen server private cloud computing untuk memudahkan mengelola server secara jarak jauh menggunakan smartphone berbasis android oleh administrator. Dalam penelitian ini digunakan metode penggabungan antara teknologi mobile dan web service yang diadaptasi dari Open Cloud Computing Interface (OCCI). Dihasilkan aplikasi berbasis android yang bisa membuat proses manajemen jaringan menjadi lebih fleksibel (remote).
Metode Penelitian
Dalamjurnal ini penelitian dibagi menjadi 7 bagian yaitu analisis model dan infrastruktur, pengumpulan data dan studi literature, desain dan perancangan system, tahap implementasi dan evaluasi system, pengujian fungsional, pengujian kinerja, dan Hasil.
Eksperimen
Pembuatan aplikasi yang dihasilkan dari penelitian ini menggunakan opennebula 3.0 dan berjalan pada linux Ubuntu server 12.0, untuk menjalankan fungsi cloud computing digunakan konfigurasi 2 server, server pertama dijadikan sebagai server front untuk opennebula, dan server kedua dijadian sebagai node server. Aplikasinya diberi nama UnhasPocketCloud yang memiliki fitur diantaranya:
  • Image management
  • Hardware management
  • Instances management, dan
  • Realms Function (account provider).
Setelah aplikasi dibuat lalu dites dengan pengujian fungsional dan pengujian kinerja.
Kesimpulan
Diperoleh beberapa kesimpulan.  Aplikasi “UnhasPocketCloud” yang dibuat  dapat membantu admin dalam melakukan manajemen server private cloud.  Admin tetap bisa melakukan proses manajemen cloud sekalipun tidak sedang berada di ruangan server.  Fungsi-fungsi (utilitas) yang tersedia pada aplikasi “UnhasPocketCloud” merupakan utilitas utama yang diakses oleh admin pada saat berada di ruangan server yaitu manajemen instance, image/storage, dan hardware.    Sebagian responden yang telah menguji coba aplikasi ini mengharapkan penambahan fungsi-fungsi manajemen server pada aplikasi ini, namun secara garis besar semua responden mengatakan bahwa aplikasi ini sudah sesuai dan sangat membantu administrator jaringan dalam melakukan manajemen server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar